banner

Selasa, 22 Maret 2011

Aplikasi untuk mengetahui tipe ram yang dipakai


Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang memilih ram untuk notebook atau desktop anda. Sebenarnya sebelumnya saya mengalami kesulitan dalam mengupgrade ram karena ternyata ram ada tipe-tipe yang lebih dikenal dengan PC. PC ini menandakan bandwidth maksimal dari ram. Setiap notebook atau desktop memiliki kebutuhan yang berbeda.
Sebelumnya saya akan mencoba sedikit menjelaskan tentang ram, ram atau kependekan dari random access memory berfungsi untuk menyimpan data sementara yang dilakukan oleh processor dalam notebook atau desktop. ram sendiri sekarang sudah mencapai versi DDR3 dan yang terdahulunya adalah DDR dan DDR2 tentunya DDR3 lebih cepat dalam bekerja dibanding DDR dan DDR2.
Lalu bagaimana dengan anda yang belum terbiasa membongkar computer namun ingin meng-upgrade ram anda?
Tentunya selain bisa langsug membawa notebook atau desktop anda ke toko elektronik anda dapat pula menggunakan aplikasi CPU-Z, aplikasi ini membantu anda mengenali hardware yang digunakan dalam notebook atau computer desktop anda. Seperti RAM, Processor, VGA dan lain sebagainya
Aplikasi ini adalah aplikasi gratis yang dapat anda untuh disini
Cara penggunaannya
- Unduh dan install aplikasi CPU-Z
- Setelah itu anda buka aplikasi dan tampilannya seperti berikut

Nampak pada aplikasi tab-tab yang dapat anda buka diantaranya CPU, Caches, Mainboard, Memory, SPD, Graphics dan About
Untuk mengetahui ram adan PC berapa dapat anda buka tab SPD seperti gambar diatas

Sekian pengalaman yang dapat saya bagikan kali ini, semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memilih ram atau hardware yang anda miliki.


CPU-Z dapat anda unduh juga disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar